Senin, 17 Oktober 2011

Umar pun Pernah Iri..

Budaya terbaik dari zaman manusia terbaik dan teman karib terbaik. Mereka berlomba-lomba dalam kebaikan. Fastabiqul Khoirot.

Siapa yang sudah membuat Umar bin Al khattab cemburu dan iri hati? Bukan dalam harta atau keduniawian, tetapi amal sholeh. Padahal beliau tidak mempunyai kurang. Beliaulah orang yang dengan pundak beliau sendiri mamanggul gandum untuk seorang ibu yang memasak batu di atas tungku. sedang anak-anaknya dalam kondisi lapar yang melilit. itulah Umar bin Al kaththab..

Namun, ternyata ada yang bisa membuat Umar mengaku tersaingi. Siapa dia? dia adalah hamba tunduk  yang menjadikan Allah dan Rasulnya sebagai jaminan bagi keluarga yang tidak ia sisakan apapun dari hartanya.
Dialah orang yang pertama kali membenarkan apa yang dibawa oleh rasulullah. Dialah orang yang membuat Umar iri. Siapa dia? dia adalah Ash shiddiq, Abu Bakar.

Lalu ketika kita melihat ke dalam hati-hati ini. Betapa malu rasanya. Bahkan mungkin kita tak pernah iri pada kebaikan yang saudara kita amalkan dengan sembunyi-sembunyi namun Allah sengaja membuat hanya kita yg mengetahui amalan itu. Astaghfirullaah...

Saya malu, sangat malu. Ketika tak getar sedikitpun sanubari ini melihat diri sendiri kalah. kalah telak.
Wallaahu a'lam..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar